Selasa, 27 November 2012

TEMAN

Teman adalah tempat seseorang berbagi suka dan duka. Sebaik-baiknya teman haruslah membawa dampak positif pada diri seseorang. Jika ingin mengetahui termasuk tipe orang seperti apakah kita, lihatlah teman di sekeliling anda.


1. Carilah seorang teman yang bila anda terlanjur berbuat maksiat, dia mau menasehati anda agar meninggalkan maksiat tersebut. Juga mau menjaga anda agar jangan sampai jatuh pada perbuatan maksiat.

2. Carilah seorang teman yang bisa menunjukkan anda pada jalan kebenaran dan mencegah anda melintasi jalan kejahatan.

3. Carilah seorang teman yang buah pikirannya bisa melegakan hati anda, dan hikmahnya bisa melapangkan jiwa anda. Keberadaan teman anda tersebut dapat menjaga diri anda agar tidak tergelincir ke dalam jurang kemaksiatan dan kehancuran. Juga dapat melindungi anda agar terhindar dari dosa akibat berbuat maksiat.

4. Carilah seorang teman apabila anda jauh dari jalan kebenaran maka dia akan mengarahkan anda pada jalan yang lurus. Demikian pula, jika anda dirundung  problematika, rundingkan bersama teman anda untuk memecahkan problematika tersebut. Jika anda diterpa kegagalan, teman anda terus menerus mendukung anda untuk terus maju. Jika anda frustasi dan kecewa, teman anda akan selalu mengingatkan nikmat Allah yang diberikan kepada anda.

5. Tukang Kritik. Teman dengan tipe jenis ini akan selalu mengingatkan ketika kita melakukan kesalahan. Tanpa diminta pun, ia akan selalu mengkritik kita bila melakukan sesuatu hal yang menyimpang. Tipe ini sangat baik untuk mengingatkan kita pada jalan yang benar, meskipun terkadang menyakitkan mendengar kritiknya yang agak pedas.

6. Pendukung. Anda yang memiliki teman seperti ini sangat beruntung, karena teman tipe ini akan selalu mendukung apa yang anda lakukan dan ikut bahagia dengan kesuksesan anda. Anda akan selalu merasa semangat dan termotivasi bila berada dekat-dekat dengannya.

7. Penggembira/ Penghibur. Mungkin tipe seperti ini yang lebih banyak disukai. Teman dengan tipe penggembira akan selalu membuat anda ceria kembali di saat sedih dan berduka. rasanya tidak lengkap jika berkumpul tapi tidak ada teman anda yang satu ini. Di saat anda frustasi dan depresi, teman tipe inilah yang lebih banyak membuat anda tertawa.

8. Pembimbing. Anda akan merasa lebih bahagia ketika memiliki teman tipe ini. Berada di sekitarnya akan membuat anda merasa tenang dan damai. Ia pun akan selalu memberi masukan dan nasihat yang berguna di kala anda membutuhkannya. Rasanya hidup anda menjadi terarah karena ada teman yang memberi masukan penting untuk hidup anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar